Bikersnote – Kini tak sedikit komunitas maupun klub bikers yang dalam organisasinya memiliki divisi racing tersendiri. Bahkan tak bisa dianggap remeh, divisi racing yang mereka bentuk juga mampu memberikan dampak positif bagi para membernya.
Salah satunya adalah Yamaha R25 Owners Indonesia (YROI). Komunitas bikers yang para membernya merupakan penggeber Yamaha R25 tersebut sudah cukup lama mempunyai divisi racing. Mereka membentuk divisi racing untuk memberikan pengalaman bagi para membernya yang punya hobi balap.
Untuk bisa menjalankan roda tim, YROI juga mendapat dukungan dari berbagai sponsor. Hal yang tak mudah untuk dilakukan oleh para komunitas maupun klub racing lainnya. Akan tetapi, hal itu dipatahkan oleh YROI. Selama ini, YROI menjadi salah satu tim balap dari komunitas bikers yang selalu mendapat dukungan dari banyak sponsor.
Di tahun 2020 ini, mereka mengusung nama YROI Batik Yuasa Proliner Racing Team. Beberapa event balap bergengsi mereka ikuti, seperti Indoclub Championship, Yamaha Sunday Race (YSR), Yamaha Cup Race (YCR) dan lain sebagainya.
Lalu bagaimana sebuah tim balap yang notabene berasal dari komunitas maupun klub bisa menggaet banyak sponsor? Apakah cukup para sponsor hanya disodorkan sebuah prestasi saja? Tentu jawabannya tidak. Ada beberapa trik tersendiri untuk membuat sponsor mau ikut nimbrung.
“Tipsnya kita mencoba menjalin kerja sama yang win-win solution dan saling bersinergi dengan brand. Tidak terlalu menuntut lebih kepada brand untuk memberikan support yang besar,” buka Murray, Team Manager YROI Batik Yuasa Proliner Racing.
“Namun yakinkan brand akan apa yang kita berikan bisa berdampak besar terhadap brand tersebut. Serta kita mencoba menjalin relationship kepada media pada umumnya agar membantu menaikkan image brand itu sendiri melalui media baik cetak maupun elektronik. Itu kunci utamanya,” sambung Murray.
YROI sendiri mulai aktif terjun di dunia balap sejak tahun 2014 silam. Sejak tahun 2014 silam, YROI sudah menancapkan kakinya di berbagai kompetisi balap nasional. Pada tahun 2014, Indonesia Trackday Series (ITS) menjadi balapan pertama yang mereka ikuti.
“Kuncinya untuk bisa menggaet sponsor, menjaga hubungan yang baik dengan mereka, meskipun sponsor sedang tidak support tapi silaturahminya harus tetap dijaga. Kalau prestasi YROI sendiri Alhamdulillah lumayan banyak, juara umum YSR kelas komunitas sejak 2015-2019, minimal 2 kelas juara umum diraih,” pungkas Murray. (Maston/Foto: YROI)
Leave a Reply