Bikersnote – Dibawah arahan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, GAIKINDO akan tetap menyelenggarakan pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) the series dan GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) di tahun 2021 ini.
Namun, dengan mempertimbangkan kondisi terkini tentang kesehatan dan keselamatan masyarakat dan perkembangan pandemi Covid-19 secara nasional, GAIKINDO berkesimpulan bahwa penyelenggaraan pameran otomotif secara tatap muka, saat ini masih belum dapat dilaksanakan karena besarnya risiko yang harus dihadapi semua pihak.
Oleh karena itu, GAIKINDO memutuskan untuk kembali menunda jadwal penyelenggaraan pameran GAIKINDO pada semester pertama tahun 2021. Adapun pameran-pameran yang tertunda penyelenggaraannya adalah pameran GIIAS Surabaya dan GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) yang sedianya akan berlangsung pada Maret 2021.
“Pemulihan industri otomotif Indonesia menjadi agenda yang sangat penting bagi GAIKINDO, namun kami juga tidak ingin mengambil risiko mempertaruhkan kondisi kesehatan masyarakat yang saat ini belum membaik. Oleh karena itu GAIKINDO akan mengambil langkah baru yang lebih aman untuk masyarakat, dan juga akan menjadi strategi tepat waktu dan sasaran untuk pemain industri,” tutur Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO.
Menurutnya, langkah yang direncanakan GAIKINDO akan menjadi upaya yang lebih optimal dalam mencapai tujuan kebangkitan industri otomotif. Langkah dan strategi baru yang diambil GAIKINDO adalah dengan memaksimalkan paruh ke-dua tahun 2021 sebagai waktu penyelenggaraan pameran otomotif.
“GAIKINDO merencanakan kembali menyelenggarakan pameran otomotif pada semester kedua tahun ini, dimulai dengan akan penyelenggaraan GIIAS di Jakarta pada bulan Agustus, dilanjutkan dengan penyelenggaraan pameran GIIAS di daerah. Memasuki akhir tahun, GAIKINDO akan melangsungkan pameran GAIKINDO Jakarta Auto Week atau (GJAW),” papar Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO.
Menurutnya dengan penyelenggaraan yang berurutan yang dimulai pada semester kedua akan menjadi strategi terbaik karena konsentrasi masyarakat pada industri otomotif Indonesia tidak terputus sejak awal semester kedua hingga akhir tahun 2021, yang dimulai dengan penyelenggaraan The 28th GIIAS di Jakarta.
“Masyarakat akan disuguhkan pencapaian industri otomotif Indonesia secara lengkap dalam penyelenggaraan GIIAS The Series, di Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Medan. Dan pada akhir tahun GJAW akan menjadi ajang yang menghasilkan potensi penjualan dan memberikan kesempatan berpromosi terbaik bagi para merek,” jelas Rizwan.
Selain penyesuaian waktu penyelenggaraan pameran, GAIKINDO juga memiliki satu lagi strategi pamungkas, yakni aplikasi GIIAS Auto360. Rizwan menyebutkan bahwa GIIAS Auto360 merupakan aplikasi pertama yang merupakan gabungan tiga segmen utama yakni fitur pameran otomotif digital, marketplace serta news industry update. (Maston/Foto: GIIAS)
Leave a Reply