Bikersnote – Motor trail Yamaha WR250F 2020 mendapat desain ulang yang serius untuk menggoda para bikers pecinta garuk tanah di berbagai penjuru dunia. Bahkan, dalam mendesain ulang WR250F, Yamaha juga meminta masukan dari para pebalap motocross mereka yang geber motor trail YZ250F.
Hasilnya, Yamaha WR250F 2020 hadir dengan sasis yang lebih ringan, lebih kompak dan lebih banyak daya yang dihasilkan. Yamaha mengklaim WR250F 2020 akan lebih kuat pada putaran mesin atas. Sistem injeksi bahan bakar Mikuni menggantikan Keihin yang digunakan tahun lalu. Dengan throttle body 44mm dipertahankan. Ada juga filter udara baru dan knalpot baru.
Sistem transmisi wide-ratio six-speed tetap dipertahankan dengan kopling baru. Yamaha mengatakan kopling WR250F 2020 lebih ringan dan lebih tahan lama dari sebelumnya. Pelat gesekan (friction plates) memiliki ketahanan panas lebih lama, bersama dengan tarikan yang lebih ringan di tuas.
Yamaha WR250F 2020 juga tak lagi dibekali kickstarter cadangan. Motor sekarang berada di belakang silinder untuk meningkatkan sentralisasi massa. Juga, kopling satu arah berarti starter memiliki daya tarik motor 60 persen lebih sedikit dibandingkan tahun lalu.
Berbagi bingkai dengan YZ250F, Yamaha WR250F 2020 memiliki beberapa perubahan untuk membuat sasis lebih ramah pada traksi dan siap untuk balap enduro. Yamaha WR250F 2020 lebih ringan, lebih pendek, dan lebih panjang dari tahun lalu. Yamaha menurunkan 4 pon dari WR250F sebelumnya dengan hilangnya hilangan kickstarter. Kini beratnya menjadi 254 pound dengan tangki penuh.
Selain itu, tinggi jok juga setengah inci lebih rendah, dan ground clearance berkurang sekitar seperempat inci. Wheelbase Yamaha WR250F 2020 menjadi 58,3 inci, meningkat lebih dari setengah inci. Dan rake diperpanjang hampir penuh hingga 27,2 derajat.
Mempertahankan kenyamanan para bikers, suspensi KYB masih tetap dipertahankan dengan beberapa pembaruan. Suspensi KYB 2020 memiliki silinder dan piston cartridge yang sedikit lebih besar untuk mengalirkan lebih banyak oli. Untuk kecepatan menengah, sekarang ada spring rather bukan lagi coil spring.
Sok juga memiliki pegas baru yang lebih kuat (11,5 ons lebih ringan). Selain itu, shock reservoir membawa 30cc minyak tambahan untuk aksi peredam yang lebih konsisten.
Yamaha WR250F 2020 juga dibekali dengan new plastic-resin skid plate dengan fungsi ganda. Selain melakukan tugas melindungi kerangka, mesin, water pump, dan selang, plat skid juga berada lebih dekat ke motor. Ini berarti harus ada lebih sedikit penumpukan lumpur di wahana basah.
Ergonomi Yamaha WR250F 2020 juga diperbarui. Kokpit lebih kompak dari depan ke belakang, dan selubung radiator baru membuat ujung depan lebih sempit. Handlebar taper-aluminium dapat dipasang di empat posisi berbeda, memungkinkan personalisasi ergonomi.
Yamaha telah memasang kickstand yang lebih ringan pada WR250F 2020 dan bisa digerakkan ke atas dan ke luar. Diambil dari YZ250FX, kickstand aluminium ini juga lebih ringan 3,5 ons dan dipasang lebih tinggi. Penutup lampu pada WR250F 2020 juga baru. Di belakangnya ada tampilan baru. Speedometer lama digantikan oleh sistem sensor roda untuk mengirim data penting yang lebih akurat ke layar untuk kompetisi enduro.
Yamaha WR250F hanya tersedia satu pilihan warna, yaitu Team Yamaha Blue (biru) dan baru akan tersedia di dealer Yamaha pada bulan Oktober mendatang. Untuk bisa memboyong motor ini ke garasi rumah, bisa ditebus seharga $8,599 atau setara dengan Rp120 jutaan. Harga Yamaha WR250F 2020 ternyata lebih mahal $500 atau Rp6,9 jutaan dari model sebelumnya. (Maston/Foto: Ultimate Motorcycling)
Leave a Reply