Bikersnote – Tahun 2020 Suzuki Indonesia telah genap 50 tahun berkontribusi untuk industri otomotif nasional. Meski di tahun 2020 industri otomotif mengalami penurunan performa akibat pandemi Covid-19, Suzuki terus berupaya menghadirkan produk-produk berkualitas serta layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Kinerja penjualan sepeda motor Suzuki tahun 2020 lalu secara keseluruhan mencatatkan angka wholesales sebesar 28.310 unit dan retail sales sebesar 30.242 unit. Raihan ini didukung kepercayaan konsumen terhadap model sepeda motor unggulan keluaran Suzuki yang didominasi All New Satria F150.
Sebagai kontributor penjualan tertinggi untuk Suzuki Indonesia, All New Satria F150 tercatat wholesales mencapai 15.356 unit atau sebesar 54,2% dan retail sales mencapai 15.131 unit atau sebesar 50%.
Di urutan berikutnya, NEX II turut berkontribusi sebesar 17,9% atau sebanyak 5.055 unit untuk wholesales dan 6.241 unit atau 20,6% untuk retail sales. GSX-R150, motor sport Suzuki yang juga turut menyokong angka wholesales sebanyak 2.723 unit dan retail sales sebanyak 3.097 unit.
Kemenangan tim Suzuki Ecstar dengan pebalapnya Joan Mir dan Alex Rins di MotoGP 2020 lalu menjadi euphoria tersendiri yang mampu meningkatkan kepercayaan dan kebanggaan konsumen. Hal ini diakui membantu mendorong penjualan sepeda motor Suzuki di Indonesia tahun lalu.
Sepanjang tahun 2020, Suzuki meluncurkan beberapa model ke pasar dalam negeri. Di bulan Oktober, Suzuki mengeluarkan varian warna baru untuk beberapa model sekaligus, seperti GSX- R150, Satria F150, Address FI, dan NEX II.
Sedangkan di bulan November, Suzuki meluncurkan model terbaru, yaitu NEX Crossover, sepeda motor yang merepresentasikan gaya hidup berpetualang. Kabarnya, kini Suzuki tengah menyiapkan GSX-R250 untuk segera diluncurkan di Indonesia. (Maston/Foto: Suzuki)
Leave a Reply