Bikersnote – Kesuksesan Joan Mir menjadi juara dunia MotoGP 2020 memberikan berkah tersendiri kepada Suzuki. Hal tersebut berimbas terhadap penjualan segmen motor sport Suzuki, yakni GSX-R150 yang meningkat.
Tampil membela Suzuki Ecstar Team, Mir memang tampil sangat memukau di tahun 2020. Tanpa diduga, pebalap asal Spanyol tersebut sukses mempecundangi nama-nama besar di kasta tertinggi balap motor dunia tersebut.
Hingga pada akhirnya, Mir yang menunggangi Suzuki GSX RR berhasil keluar sebagai juara dunia usai mengumpulkan 171 poin. Unggul 13 poin dari pebalap Yamaha, Franco Morbidelli.
Hal ini tentunya menjadi kado manis bagi Suzuki yang merayakan ulang tahun ke-100 secara global. Hasil ini pun ternyata dialami oleh di Tanah Air, di mana kesuksesan Mir mendongkrak penjualan Suzuki GSX-150R. Seperti diakui oleh Sutisna Senjaya, Marketing & Logistic 2W Section Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).
“Berbicara MotoGP tanpa disadari atau tidak, penjualan GSX lumayan meningkat meski belum terlalu signifikan. Apalagi kita juga mengeluarkan versi livery MotoGP. Jadi kesuksesan Mir memang berpengaruh terhadap penjualan GSX-150R,” beber Sutisna.
Lebih lanjut, Suzuki pun menjalankan beberapa strategi penjualan untuk mempertahankan euforia tersebut. “Sekarang kita manfaatkan strategi digital dan papan billboard memakai Joan Mir sebagai juara dunia MotoGP,” tambah Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT SIS. (Buge/ Foto: MotoGP)
Leave a Reply