• News
  • New Product
  • Business & Technology
  • Motorcycle
    • Review
    • Classics
    • Customs
    • Garage
  • Community
    • Profiles
    • Events
    • Touring
    • Lifestyle
  • Racing
    • International
    • National
  • Gallery
  • Contact us
  • Index
Bikersnote
  • January 16th, 2021
Bikersnote
  • News
  • New Product
  • Business & Technology
  • Motorcycle
    • Review
    • Classics
    • Customs
    • Garage
  • Community
    • Profiles
    • Events
    • Touring
    • Lifestyle
  • Racing
    • International
    • National
  • Gallery
  • Contact us
  • Index
  • Follow
    • Facebook
    • Youtube
    • Instagram
Begini Prinsip Kerja Rem Kendaraan
Home
Motorcycle
Garage

Begini Prinsip Kerja Rem Kendaraan

November 27th, 2020

Facebook Twitter Google+ Pinterest

Bikersnote – Di Indonesia kendaraan sepeda motor mendominasi jalanan. Setiap kendaraan tentunya dilengkapi dengan sistem pengaman berupa sistem pengereman. Fungsinya untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan sepeda motor dengan memperlambat di putaran roda.

Prinsip kerja sistem rem kendaraan adalah mengubah tenaga kinetik menjadi panas dengan cara menggesekan dua bidang pada benda yang berputar sehingga putarannya akan melambat. Hal ini membuat laju perputaran roda kendaraan menjadi pelan atau berhenti dikarenakan adanya kerja rem sesuai dengan tarikan tuas rem.


Namun demikian, masih banyak bikers yang belum bisa menggunakan atau memaksimalkan fungsi kerja rem sepeda motor dengan baik. Tak sedikit juga pengguna sepeda motor yang berpikir bahwa jika ingin menghentikan kendaraannya cukup tekan tuas rem saja dan kendaraan akan berhenti. Padahal pengereman yang dilakukan dengan baik, selain untuk menjaga keselamatan diri sendiri juga akan menjaga keselamatan pengendara lainnya.

Untuk kendaraan yang diproduksi saat ini pada dasarnya, ada 2 jenis rem yang digunakan, yakni rem tromol dan rem cakram. Namun dengan semakin canggihnya teknologi, hadir fitur CBS (Comby Brake System). Salah satunya pada sepeda motor Honda. Fitur rem CBS mampu bekerja ketika pengereman dengan 1 tuas dapat mengerem roda depan dan belakang dengan komposisi yang tepat.

Tidak hanya fitur CBS, namun juga fitur ABS (Anti Lock Brake System) yang hadir pada beberapa varian sepeda motor Honda. ABS dirancang untuk mencegah roda mengunci pada saat pengereman mendadak atau pengereman di kondisi jalan licin dengan cara mengatur tekanan hidrolik pada system pengeremannya.

Selain perlu memahami pengereman yang baik, bikers juga wajib mengetahui cara merawat rem pada sepeda motor agar tetap aman dan nyaman ketika dikendarai. Jika sepeda motor menggunakan jenis rem tromol dan cakram maka hal pertama yang dilakukan adalah melakukan pemeriksaan secara berkala setiap 4.000 kilometer. (Buge/Foto: Tono)

  • Tags
  • Tips
Facebook Twitter Google+ Pinterest

Related Posts

Begini Cara Mengerem Sepeda Motor Pada Kecepatan Tinggi

Begini Cara Mengerem Sepeda Motor Pada Kecepatan Tinggi

Dua Faktor Penyebab Insulator Busi Retak

Dua Faktor Penyebab Insulator Busi Retak

Kenali Fungsi Rambut Pada Ban Motor

Kenali Fungsi Rambut Pada Ban Motor

Leave a Reply Cancel reply

Latest News
Jan 15th 10:48 AM
Events

Lady Bikers Indonesia (LBI) Resmikan Pengurus Baru

Jan 15th 9:18 AM
New Product

Universitas Budi Luhur (UBL) Rilis Sepeda Motor Listrik BL-SEV01

Jan 15th 8:14 AM
Business & Technology

Bertemu Hermawan Kertajaya, Bamsoet Dorong Indonesia Jadi Pemain Utama Kendaraan Bermotor Listrik

Jan 14th 2:04 PM
Touring

Misi Sang Garuda Touring ke Titik 0KM Sape Bima

Jan 14th 11:20 AM
Events

Yamaha Lexi Community Jakarta (YLCJ) Punya Markas Baru

Jan 14th 10:50 AM
New Product

3 Warna Terbaru Yamaha MX King 150 Meluncur

Jan 14th 10:15 AM
Events

ARCI Pohuwato Siap Gelar Kopdargab dengan Konsep Camping Bikers

Jan 12th 8:57 PM
Business & Technology

All New CBR150R Dibekali Berbagai Fitur Unggulan

Jan 12th 8:11 PM
New Product

All New CBR150R Kini Berwajah CBR250RR

Jan 12th 2:07 PM
New Product

AHM Luncurkan Generasi Terbaru All New Honda CBR150R

Weekly Quote

"Not wearing the right gear is like wearing nothing - Tidak menggunakan pengaman berkendara yang benar, sama saja dengan tidak pakai pengaman sama sekali."

Mick Doohan, Pebalap legendaris MotoGP asal Australia
Most Viewed
Lady Bikers Indonesia (LBI) Resmikan Pengurus Baru

Lady Bikers Indonesia (LBI) Resmikan Pengurus Baru

Universitas Budi Luhur (UBL) Rilis Sepeda Motor Listrik BL-SEV01

Universitas Budi Luhur (UBL) Rilis Sepeda Motor Listrik BL-SEV01

Bertemu Hermawan Kertajaya, Bamsoet Dorong Indonesia Jadi Pemain Utama Kendaraan Bermotor Listrik

Bertemu Hermawan Kertajaya, Bamsoet Dorong Indonesia Jadi Pemain Utama Kendaraan Bermotor Listrik

Misi Sang Garuda Touring ke Titik 0KM Sape Bima

Misi Sang Garuda Touring ke Titik 0KM Sape Bima

Yamaha Lexi Community Jakarta (YLCJ) Punya Markas Baru

Yamaha Lexi Community Jakarta (YLCJ) Punya Markas Baru

3 Warna Terbaru Yamaha MX King 150 Meluncur

3 Warna Terbaru Yamaha MX King 150 Meluncur

ARCI Pohuwato Siap Gelar Kopdargab dengan Konsep Camping Bikers

ARCI Pohuwato Siap Gelar Kopdargab dengan Konsep Camping Bikers

All New CBR150R Dibekali Berbagai Fitur Unggulan

All New CBR150R Dibekali Berbagai Fitur Unggulan

All New CBR150R Kini Berwajah CBR250RR

All New CBR150R Kini Berwajah CBR250RR

AHM Luncurkan Generasi Terbaru All New Honda CBR150R

AHM Luncurkan Generasi Terbaru All New Honda CBR150R

Elnusa Siap Rilis 3 Elbike Karya Anak Bangsa

Elnusa Siap Rilis 3 Elbike Karya Anak Bangsa

  • Redaksi
  • Contact us
  • Back to top
© 2019 Bikersnote | PT Kreatif Mahakarya Indonesia