Bikersnote – Pasar motor adventure kelas menengah kian semarak. Baru-baru ini Aprilia meluncurkan satu motor adventure andalannyaa: Aprilia Tuareg 660.
Keberadaan motor adventure legendaris satu ini sudah dihembus sejak sekitar pertengahan tahun 2021. Namun baru pada 1 November 2021, motor ini resmi diumumkan telah siap beredar di pasaran.
Dengan menggunakan dasar mesin Aprilia 660, nama legendaris Tuareg kembali menggema di penghujung tahun ini. Motor ini mengandalkan kecanggihannya dalam memroduksi sebuah motor petualang dengan bobot tak sampai 200 kg, namun tampil dengan kekuatan 80 hp dan dengan fitur elektronik canggih. Sehingga motor ini dianggap dapat memberikan kepuasan dalam melahap jalan berbatu, namun juga lincah di aspal. Keseimbangan antara bobot ringan dan performa canggih ini membuka era baru bagi Aprilia.
Aprilia Tuareg yang telah hadir di kalangan pencinta motor adventure sejak tahun 1985 ini kini banyak dilengkapi dengan fitur kekinian. Motor ini diproyeksikan untuk memberikan rasa kekuatan dan kebebasan, persis seperti istilah “imohag” dalam kultur masyarakat Tuareg, yang artinya manusia bebas.
Dengan mengambil dasar mesin dua silinder Aprilia 660, Tuareg 660 sengaja didesain spesial, demikian menurut Aprilia. Tujuannya untuk memberikan kombinasi terbaik dari motor enduro bermesin satu silinder dengan motor adventure berkapasitas menengah.
Desain: keindahan yang didukung fungsi
Dari sisi desain, Piaggio Advanced Design Center (PADC) dari Piaggio Group yang bermarkas di Pasadena, California, Amerika Serikat, mengacu pada tren kekinian pada pasar global. Tim desainer yang dipimpin oleh Miguel Galluzzi memastikan keindahan berpadu dengan fungsi, artinya mereka berusaha mengeliminasi bagian manapun yang tak ada fungsi khusus dengan tujuan menjaga agar bobot motor tetap ringan, serta memberikan keseimbangan terbaik antara keindahan dan fungsi. Ditambah lagi, torehan grafis dan logo versi Indaco Tagelmust didedikasikan pada Tuareg 600 Wind tahun 1988.
Yang juga sangat dijaga adalah sisi ergonomis motor. Salah satunya adalah tinggi jok, yang harus membuat semua biker dapat merasa nyaman mengendarainya. Agar dapat mempertahankan tinggi roda belakang yang sangat esensial untuk motor off-road serta memberikan tinggi jok yang optimal untuk semua rider, bagian subframe pun dibuat serendah yang memungkinkan sehingga ada ruang yang cukup untuk bermain dengan desain ergonomis. Kaki rider tidak terlalu tertekuk, namun juga pas untuk dapat menjejakkan kaki di tanah.
Setang yang lebar memberikan keleluaaan bagi rider untuk mengendalikan motor. Volume tangki 18 Liter, yang cukup untuk jarak 450 km. Tangki didesain untuk tetap membuat duduk pengendara tetap nyaman.
Aprilia Tuareg 660 hadir dalam tiga jenis warna yang sangat tidak tradisional, uaitu Acid Gold, Martian Red dan Indaco Tagelmust.
Salah satu andalan Tuareg 660 adalah desain bagian sasis yang dapat memberikan kepuasaan kendali roda depan bagi para petualang.
Mengedepankan sistem komunikasi canggih
Dari sisi elektronik, Aprilia Tuareg 660 membuktikan kecanggihannya. Jangan lupa, Aprilia adalah motor pertama yang memperkenalkan kendali throttle Ride-by-Wire di MotoGP 2002 dan pada motor pabrikan pada tahun 2007. Saat ini, Aprilia sangat bangga dengan sistem baru yang dinamai APRC atau Aprilia Performance Ride Control yang digadang-gadang paling efektif baik oleh pelanggan maupun para ahli.
Aprilia Tuareg 660 dilengkapi dengan teknologi Ride-by-Wire multimap untuk kendali yang mulus, tepat dan progresif. Tujuannya tentu untuk menjaga performa sekaligus keamanan pengendaranya. Termasuk dalam paket teknologi APRC ini adalah:
- ATC: Aprilia Traction Control, kendali traksi dalam empat tingkat yang juga dapat dimatikan.
- ACC: Aprilia Cruise Control, yang digunakan untuk menjaga kecepatan tanpa mengganggu throttle, yang sangat berguna saat touring
- AEB: Aprilia Engine Brake, sebuah sistem untuk mengendalikan pengereman saat menutup throttle, dan tersedia dalam tiga tingkat
- AEM: Aprilia Engine Map, dengan tiga pemetaan yang berbeda sehingga terdapat berbagai karakter motor yang sesuai dengan keperluan. Sistem ini tidak mengganggu daya mesin maksimal.
Terdapat empat model mengendarai Aprilia Tuareg yaitu Urban, Explore, Offroad dan Individual. Urban dan Explore didedikasikan untuk jalan dalam kota atau di aspal, untuk sehari-hari. Pengaturannya mengutamakan keamanan, dengan ABS aktif di dua model berkendara ini.
Untuk Offroad, sesuai dengan namanya, didedikasikan untuk perjalanan yang penuh tantangan, dengan kendali traksi minimum demikian juga untuk tingkat engine break. Rider dapat mengendalikan daya yang digunakan dengan nyaman. ABS dimatikan pada bagian belakang, dan ada pilihan untuk menpnaktifkan di bagian depan.
Sedangkan tipe individual merupakan mode berkendara yang dapat diatur oleh masing-masing rider.
Sistem elektronik ini disebutkan dapat diatur dengan sangat nyaman melalui tombol pada bagian setang. Pada setang kiri, rider dapat mengendalikan traksi dan cruise control, sedangkan pada bagian kanan, rider dapat dengan mudah mengganti mode berkendara.
Pada bagian depan terdapat layar TFT dengan diagonal 5 inci, yang menunjukkan berbagai parameter dan fitur motor. Layar ini secara otomatis akan menyesuaikan tingkat penerangan layar sehingga dapat dilihat oleh rider dengan nyaman.
Aprilia Tuareg juga dilengkapi asesoris Aprilia MIA atau platform multimedia Aprilia yang dapat menghubungkan telepon pintar dengan motor. Apabila tersambung, protokol koneksi Aprilia MIA memungkinkan untuk konsumsi baterai telepon genggam jadi minimum dengan tetap dapat menggunakan voice assistant, hubungan telepon dan fungsi hiburan seperti musik (yang diatur pada tombol di bagian setang). Aplikasi Aprilia MIA juga memungkinkan rider untuk menyimpan rute yang ditempuh dan menganalisa data menggunakan fungsi telemetri geo-referenced.
Daya Aprilia Tuareg 660 dapat diturunkan hingga ke 35 kw, yang sesuai untuk biker pemula. Fitur teknis tak akan diubah walau daya diturunkan.
Dukungan asesoris melimpah
Aprilia Tuareg 660 diperkaya dengan berbagai asesoris seperti sepasang boks aluminium yang kuat dan luas bagian dalamnya, kotak aluminium 33 liter yang sangat tepat untuk menyimpang helm maupun peralatan lain. Asesoris lain termasuk lampu LED, kaki tengah, chain guide, layar penahan angin, sistem anti pencuri, dan lain-lain.
Pemesanan secara daring telah dibuka, yaitu melalui tuareg660.aprilia.com maupun aprilia.com. Harga Aprilia Tuareg 660 dibanderol mulai dari 11.990 Euro atau sekitar 200 juta rupiah. Bagi para pemesan pertama akan mendapatkan unit motor mulai dari Desember hingga Februari 2022. Sayangnya pada tahap ini, pemesanan baru dibuka untuk pasar Eropa dan Amerika Serikat. Bagaimana dengan Indonesia? Secepatnya, semoga. (LND/Foto: Aprilia)
Spesifikasi Aprilia Tuareg 660 tahun 2022
MESIN: | 660cc parallel-twin |
DAYA: | 80 hp |
TORQUE: | 51.63 ft-lbs |
FRAME: | Tubular steel frame, engine used as a stressed member |
BOBOT (KERING): | 412 lbs (187 kg) |
SUSPENSI DEPAN: | 43mm adjustable USD Fork |
FRONT SUSPENSION TRAVEL: | 9.5″ (240mm) |
SUSPENSI BELAKANG: | Adjustable monoshock with progressive linkage |
REAR SUSPENSION TRAVEL: | 9.5″ (240mm) |
GROUND CLEARANCE: | 9.5″ (240mm) |
TINGGI JOK: | 33.9″ (860mm) |
KAPASITAS TANGKI: | 4.8 gallons (18 liters) |
WHEELBASE: | 59.1″ (1500mm) |
WHEELS: | 21″ front / 18″ rear tubeless |
Leave a Reply